Akhlak yang Baik di Tempat Ibadah dan Tempat Umum



Akhlak yang Baik
di Tempat Ibadah dan Tempat Umum

Kompetensi Inti  

  1. Menerima , menjalankan , dan menghargai ajaran agama yang di anutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, dan bertanggung jawab, santun , peduli , dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,teman , guru , dan tetangganya serta cinta tanah air
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati ,menanya  , dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya , makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah , di sekolah, dan tempat bermain
  4. Menyajikan pengetahuan konseptual dalam bahasa yang jelas ,sistematis ,logis dan kritis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar
1.4 Menghayati akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
2.4 Membiasakan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
3.4 Mengetahui akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
4.1 Menyimulasikan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.

 Indikator
1.1.1 Siswa dapat membiasakan diri berilaku yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
2.1.1 Siswa dapat mengamalkan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
3.1.1 Siswa dapat menjelaskan akhlak yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
3.1.2 Siswa dapat menyebutkan contoh perilaku yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
3.1.3 Siswa dapat  menyebutkan adab yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
3.1.4 menyebutkan hikmah mengucap kalimat yang baik ketika di tempat ibadah dan tempat umum.
4.1.1 Siswa dapat menulis dan menghafal doa di tempat ibadah  dan tempat umum.


Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan peserta didik mampu:
1.        Setelah mengikuti penjelasan dari guru siswa dapat menjelaskan pengertian adab.
2.        Setelah guru menjelaskan, siswa mampu menyebutkan macam-macam adab yang baik di tempat ibadah dan tempat umum.
3.        Setelah mempelajari dan mengikuti penjelasan dari guru siswa mampu membaca, menulis dan menghafal doa masuk dan keluar masjid, doa masuk kelas, doa masuk pasar.
4.        Siswa mampu menyebutkan hikmah melakukan adab yang baik di tempat ibadah dan tempat umum setelah mengikuti penjelasan guru dengan tepat.


A.   Pengertian Adab
Adab artinya kesopanan. Dalam agama islam banyak ketentuan-ketentuan yang menjelaskan tentang adab (kesopanan) dalam melakukan sesuatu. Kesopanan (adab) pada hakikatnya tidak dapat dilepaskan dengan akhlak. Anak yang berakhlak mulia pasti memliki adab yang baik pula. Begitupula sebaliknya.
Sopan santun dalam agama islam telah diatur sedemikian rupa, agar orang tahu, bagaimana seharusnya dia berprilaku dan menghambakan diri kepada Allah, kepada Rosulnya dan bergaul dalam masyarakat dengan sesama manusia. Karena Pada dasrnya segala apa yang berada di bumi maupun yang berada di langit tidak akan terlepas dari pengawasan Allah swt. Oleh karena itu maka di dalam melakukan segala sesuatu harus selalu disertai dengan Sopan santun dimanapun kita berada, baik di tempat ibadah maupun tempat umum.

B.   Contoh Adab yang Baik
1.   Di Masjid
Haidar anak yang berasal dari keluarga yang agamis sehingga sejak kecil ia sudah di ajak untuk ke Masjid. Sebelum ke masjid ia akan mandi setelah itu memakai pakaian yang rapi untuk salat jama’ah. Saat ia di masjid, ia selalu diberitahu bapaknya untuk  diam agar tidak mengganggu jama’ah yang lain. Setelah sholat ia bersama teman dan gurunya berkumpul untuk mengaji.
2.   Di Sekolah
Fina adalah murid di MI Nurussalam yang selalu datang tepat waktu. Ia selalu menyapa guru dan temannya. Saat guru menerangkan pelajaran di depan ia selalu mendengarkan sehingga ia menjadi juara kelas. Saat ia melihat teman di kelasnya membuang sampah sembarangan, ia selalu menegurnya agar tidak membuang sambah sembarangan lagi.

C.   Adab di tempat Ibadah (Masjid)
Tempat Ibadah adalah sebuah tempat yang digunakan oleh umat beragama untuk beribadah menurut ajaran agama atau kepercayaan masing-masing. Contohnya: masjid, gereja, pura, dll.
Tempat ibadah umat islam adalah masjid. Secara bahasa masjid artinya tempat sujud. Sedang secara istilah masjid adalah tempat suci umat islam untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Kegiatan tersebut dapat berupa i’tikaf, ziki, membaca dan mendalami al-quran, dsb.
Dalam sebuah hadist disebutkan, “masjid adalah rumah orang-orang yang bertaqwa. Barang siapa yang menjadikan masjid sebagai rumah, ruhnya dijamin oleh allah, di beri ketenangan, dan diberi keselamatan ketika melintas sirath.”
Karena masjid adalah tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah, maka tidak boleh sembarangan apabila kita hendak masuk masjid. Ada adab-adab yang harus dijaga ketika akan masuk masjid, antara lain sebagai berikut.
1.      Hendaknya dalam keadan suci dan berwudlu.
Alasannya karena masjid merupakan rumah Allah sehingga sebaiknya bilakita akan bertamu ke rumah Allah dalam keadaan suci baik hadas besar maupun hadas kecil.
2.      Badan dan pakaian harus suci
Ketika akan berangkat ke masjid, hendaknya mandi terlebih dahulu. Berpakaian yang suci, bersih dan rapi. Yang paling penting yaitu menutup aurat. Untuk anak laki-laki bisa memakai sarung, baju lengan panjang dan kopiah. Bagi anak perempuan memakai rok panjang, jilbab, dan membawa mukena.
3.      Suci dari hadast besar dan hadast kecil
Ketika akan berangkat ke masjid, hendaknya dalam keadaan suci dan bersih, kalau bisa sudah berwudlu dahulu dari rumah. Agar tidak berebut ketika di masjid nanti
4.      Ketika berangkat ke masjid, usahakan berjalan kaki, dan jangan tergesa-gesa. Dengan berjalan kaki, setiap langkah yang digunakan dalam hal kebaikan akan dihitung sebagai pahala.
5.      Masuk masjid hendaklah dengan mendahulukan kaki kanan  di karenakan bagian kanan itu untuk sesuatu yang mulia , Ketika keluar masjid dahulukan kaki kiri untuk memuliakan yang kanan. Dan
berdo’a masuk dan keluar masjid Yang berbunyi:
6.      Sholat sunnah tahiyyatul masjid.
Disebutkan di dalam Shahih Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Qatadah bin Rib’i Al-Anshory, dia berkata: Rasulullah Saw bersabda, yang artinya: “Jika seseorang dari kamu masuk masjid maka janganlah dia duduk (di dalamnya) sehingga dia melakukan sholat dua rakaat.”
Jadi ketika sudah masuk ke masjid, usahakan jangan langsung duduk, lakukanlah sholat tahiyyatal masjid (sholat untuk menghormati masjid) terlebih dahulu sebanyak 2 rakaat. Kalau memang tidak ingin melakukan sholat tahiyyatal masjid boleh menggantinya dengan membaca tasbih
7.      Duduk I’tikaf (memperbanyak zikir kepada Allah).
Setelah melakukan sholat sunnah tahiyyatal masjid, hendaklah duduk dengan tenang kemudian berniat untuk melakukan I’tikaf
Niat I’tikaf
Artinya:
“saya niat I’tikaf karena Allah swt.”
8.      Memperbanyak ibadah kepada allah dengan membaca kalimat-kalimat zikir dan tayyibah, serta berdo’a karena kita berada di rumah Allah maka sebaiknya kita pergunakan waktu yang berharga itu janagan disiasiakan. Pergunakaan waktu tersebut untuk berzikir dan berdoa.
9.      Tidak duduk melingkar di dalam masjid sebelum ditegakkan salat Jum’at walaupun untuk mempelajari ilmu (agama), disebabkan akan memutus shaf-shaf kaum muslimin dan disamping itu mereka diperintahkan untuk berkumpul lebih awal pada hari jum’at dan merapatkan shaf yang di depan dan seterusnya .
10. Jika muadzin mengumandangkan adzan, hentikanlah segala kegiatan dan jawablah adzan tersebut. kalau tidak mau menjawab cukup dengan diam saja
11. Memakai wangi-wangian(bagi kaum laki-laki), tetapi tidak terlalu berbau yang dapat menganggu jamaah lain niscaya dosanya akan terhapus mulai dari jumat kemarin hingga jumat sekarang.
12. Tidak bermain dan membuat gaduh
Keika berada di masjid kita tidak boleh bermain dan membuat gaduh karena akan menganggu peribadatan orang lain. ada sebuah cerita
“Dahulu nabi isa melihat sekelompok orang yang bermain-main di dalam  masjid. Lalu dia segera mencopot serban dan melipatnya, lalu memukul mereka sehingga mereka bubar dari masjid. Beliau berkata, “ kalian telah menjadikan rumah allah sebagai pasar dunia, padahal ia adalah pasar akhirat.
Dari hal tersebut bisa kita ambil pelajaran. Bahwa masjid bukanlah tempat unutuk bermain melainkna tempat bermunajat kepada allah swt.
13. Dilarang melakukan jual beli.
Telah kita ketahui bahwa masjid adalah tempat yang digunakan untuk urusan akhirat. Jadi apabila kita melakukan hal-hal yang bersifat keduniawian maka tidak diperkenankan, termasuk melakukan jual beli. Sebagaimana hadist nabi yang berbunyi “ dari abu hurairah, rosul bersabda “ jika kamu melihat orang yang menjual atau membeli di masjid, maka katakanlah, semoga allah tidak memberi keuntungan pada daganganmu”
Hadist yang ke-2
“ nabi shallahualaihi wasallam melarang jual beli di masjid”
14. Tidak mengotori masjid
Kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh karena itu maka sebisa mungkin kita tidak mengotori rumah allah. Kita harus menjaga kebersihannya, dan yang paling penting adalah kesuciannya

D.  Adab Di Tempat Umum

Tempat umum adalah tempat
dimana banyak orang berkumpul dan melakukan aktivitas sehari-hari. Di tempat umum ada yang dikenakan biaya (membayar) ada juga yang tidak dikenakan biaya (tidak membayar). Di tempat umum, semua orang boleh memanfaatkannya sesuai kebutuhan. Karena tempat umum dimanfaatkan oleh banyak orang, maka jika kita berada di tempat umum harus tetap merawat dan menjaganya dengan baik. Diantara contoh tempat umum adalah madrasah, jalan, pasar, dan rumah sakit.
1.   Madrasah
Madrasah adalah temapat untuk belajar. Di madrasah di pelajari matapelajaran umum dan mata pelajaran agama. Namun madrasah mempunyai ciri khusus yaitu mata pelajaran agama yang dipelajari jumlahnya lebih banyak dan sifatnya lebih mendalam. Karena madrasah adalah tempat untuk belajar, maka komponen yang ada di sebuah madrasah adalah guru, pegawai, dan peserta didik.
Adapun adab ketika berada di madrasah antara lain:
a.      Menggunakan pakaian yang rapi dan sesuai. Sebagai seorang yang mencari ilmu sebaiknya saat berada di sekolahan memakai pakaian yang rapi, sesuai, dan lengkap.
b.     Membuka pintu kelas dengan pelan-pelan. Sebagai orang yang berpendidikan saat membuka pintu kelas ataupun kantor sebaiknya pelan-pelan.
c.      Menyapa Guru dan teman ketika bertemu
Apabila seoarang murid bertemu dengan temannya maka dia harus menyapanya, atau memberi salam apabila sesame muslim. Dan ketika bertemu dengan gurunya seorang murid harus hormat dan mencium tangannya.
d.     Tidak membuat gaduh di dalam kelas. Saat pelajaran jangan sampai siswa membuat gadug di dalam kelas karena akan mengganggu siswa yang lain yang sungguh-sungguh untuk mancari ilmu.
e.      Tidak menggangu atau berbuat jahil kepada teman. Sebagai teman yang baik kita boleh jahil namun jangan sampai berlebihan bahkan sampai membuat teman kita marah gara-gara perbuatan kita.
f.        Menjaga kebersihan dan peralatan sekolah. Karena kebersihan sebagaian dari iman maka kita sebagai seorang muslim diwajibkan untuk menjaga kebersihan lingkuang terutama di sekolah. Dengan cara tidak mencoret-coret peralatan sekolah seperti bangku, kursi, tembok kelas, dll
g.     Tidak membuang sampah sembarangan
Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan karena apabila kita melakukan hal tersebut sama saja dengan mengundang penyakit kedalam lingkungan sekolah. Dengan lingkungan yang kotor maka penyakit akan mudah datang. Oleh karena itu agar terhindar dari segala macam penyakit kita harus menjaga lingkungan sekolah dengan membuang sampah pada tempatnya agar sekolah menjadi bersih dan nyaman.
h.     Datang tepat waktu memiliki manfaat yang banyak salahsatunya saat kita tidak terlambat kita akan mendapatkan informasi awal dari guru sehingga ilmu yang kita dapat tidak ada yang tertinggal.
i.        Tidak mencoret-coret tembok sekolah
Mencoret-coret tempat tidak boleh dilakukan karena bisa membuat pemandangan menjadi kurang indah
j.        Tidak bermusuhan dengan sesama teman
Jauhilah permusuhan karena itu hanya akan menimbulkan permasalahan dan permusuhan bukanlah cerminan pribadi seoarang muslim yang baik.
k.      Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran sangat berguna bagi kita karena dengan berdoa secara tidak langsung kita akan mendapat barokah dari pelajaran yang akan dimulai bahkan yang akan diakhiri.
l.       
Manaati semua tata tertib yang ada. Sebagai siswa yang baik kita harus menaati peraturan yang ada di sekolah agar menjadi siswa yang baik dan tidak mendapat resiko yang akan menghambat pembelajaran nantinya.
2.   Adab ketika di jalan.
Jalan adalah tempat untuk lalu lintas orang atau kendaraan. Berdasarkan penggunaannya, jalan dikelompokan menjadi jalan umum, jalan khusus, dan jalan tol. Karena fungsinya adalah untuk lalulinta, maka ketika di jalan tidak boleh sembarangan. Adapun adab ketika di jalan antara lain:
a.      Bagi pejalan kaki:
1)     Berjalan pada arah sebelah kiri, bila ditepi jalan ada trotoarnya maka kita berjalan pada trotoar yang sudah disediakan
2)     Berjalan sedang-sedang saja. Dengan berjalan sedang-sedang kita tidak akan membuat teman kita tertinggal dengan kita dan jika berjalan lambat nantinya akan membuat pejalan lainnya terganggu dengan cara jalan kita.
3)     Tidak bersenda gurau dan bermain-maian di jalan. Karena jalan merupakan tempat umum yang dipakai oleh orang bayak maka sebaiknya saat berjalan jangan mengobrol dan bercanda karena akan mengganggu pejalan kaki yang lain.
4)     Pandangan tidak kemana-kemari kecuali diperlukan. Jika saat berjalan pandangan kemana-mana maka kemungkinan kita bisa tertambar, tersandung, dll. Jadi sebaiknya saat bejalan kaki kita fokus pada tujuan kita.
5)     Tidak menggunakan satu alas kaki. Alaskaki pada dasarnya ada satu pasang. Maka sebaiknya saat berjalan kaki menggunakan satu pasang jangan satu alas kaki karena jika dipandang oleh pejalan kaki lainnya tidak enak untuk dipandang.
6)     Apabila ingin menyebrang lewat zebra cross atau jembatan penyebrangan. Dengan menyembrang dengan zebra cross kita akan terhindar dari kecelakaan lalulintas karena zebra croos adalah sarana menyebrang bagi pejalan kaki.
b.     Bagi pengendara:
1)     Mematuhi aturan berkendara. Salah satu peraturaan berkendara yaitu memakai helm. Helm memiliki manfaat yang luar biasa saat berkendara karena menggunakan helm jika kita jatuh bagian kepala akan terlindungi.
2)     Mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Saat kita mematuhi lalu lintas maka kemungkinan kecil hal yang tidak diinginkan pada kita tidak akan terjadi.
3)     Menghormati pengguna jalan lain, terutama bagi pejalan kaki. Karena menggunakan montor itu cepat sampai tujuan tapi jangan seenaknya menggunakan montor. Tidak kebut-kebutan saat naik montor termasuk menghormati pejalan kaki.
4)     Pemilik kendaraan lebih berhak berada di bagian depan kendaraan karena si pemilik kebanyakan ingin mengendarai montornya sendiri agar lebih aman.
3.   Adab saat berada di pasar.
Secara sederhana pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Dengan demikian pasar merupakan kumpulan bermacam-macam orang dengan berbagai macam kepentingan. Oleh karena itu, ketika berada di pasar kita harus dapat menjaga adab-adabnya, antara lain:
a.      Membaca doa ketika masuk pasar bertujuan agar kita selamat saat berjalan di dalam pasar.
b.     Bertutur kata yang sopan (tidak boleh berteriak-teriak)agar tidak terjadi pertikaian di dalam pasar.
c.      Bersikap jujur bagi pedagang dan pembeli. Pedagang tidak bleh menyembunyikan barang yang ada cacatnya, mengurangi timbangan, dan pembeli harus membayar sesuai kesepakatan harga
d.     Bersikap sabar ketika pasar dalam keadaan ramai. Niscaya orang sabar selalu berada di dalam jalan Allah.
4.   Adab saat berada di rumah sakit
Rumah sakit adalah tempat dimana orang sakit mencari dan menerima pelayanan kesehatan. Karena rumah sakit berisi orang-orang sakit yang membutuhkan pelayanan kesehatan, maka ketika kita berada di dalamnya harus:
a.      Menjaga ketenagan, karena rumah sakit merupakan tempat dimana orang sakit dirawat maka kita aharus menjaga ketenangan karena pasien yang sakit butuh banyak istirahat
b.     Menjaga kebersihan, rumah sakit selalu dalam keadaan bersih agar tidak ada kuman penyakit sehingga kita juga harus berupaya untuk menjaga kebersihan juga.
c.      Tidak boleh bersenda gurau atau maian-main. Karena rumah sakit di gunakan untuk orang sakit agar sembuh, sedangkan orang sakit membutuhkan istirahat yang cukup sehingga kita tidak boleh main-main.
d.     Jika ingin menjenguk pasien hendaknya sesuai jam besuk karena pada saat jam istirahat pasien diharuskan untuk istirahat dan membutuhkan ketenangan.
E.   Hikmah menerapkan adab yang baik dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
1.      Disenangi oleh semua orang.
Karena kita berperilaku baik di tempat ibadan dan tempat umum secara tidak langsung orang lain melihat kita sebagai anak yang baik sehingga akan di senangi oleh banyak orang.
2.      Dijauhkan dari fitnah-fitnah masyarakat.
Setelah disenangi oleh banyak orang kita akan dijauhkan dari fitnah-fitnah karena perilaku kita yang baik di tempat ibadah dan tempat umum sehingga kemungkinan kecil kita melakukan kesalahan.
3.      Dimudahkan mengerjakan sesuatu hal.
Karena disenangi banyak orang juga jika kita memiliki kesulitan yang tidak bisa dikerjakan sendirian maka akan banyak orang yang akan membatu kita menyelesaikan masalah tersebut.
4.      Mendapatkan pahala
Melakukan adab yang baik di tempat ibadah dan tempat umum merupakan perbuatan baik dan bahkan ada yang sunah sehingga kita akan mendapat pahala jika melakukannya dengan ikhlas.
5.      Masuk syurga







  





Setelah mendapat pahala yang banyak maka kita akan dimudahkan untuk masuk ke syurga Nya Allah.


Tulis sepuluh nama-nama tempat umum yang kamu  ketahui!

Rangkuman
      Adab artinya kesopanan.
      Tempat Ibadah adalah sebuah tempat yang digunakan oleh umat beragama untuk beribadah menurut ajaran agama atau kepercayaan masing-masing.
      Tempat umum adalah tempat yang digunakan oleh seluruh masyarakat sesuai dengan kepentingannya.
      Adab yang baik yang dilakukan di tempat ibadah yaitu di masjid
      Adab yang baik yang dilakukan di tempat umu yaitu di sekolah, di pasar, di jalan, dan di rumah sakit
      Hikmah menerapkan adab yang baik, antara lain: Disenangi orang, jauh dari, Dimudahkan mengerjakan sesuatu hal, Mendapatkan pahala, Masuk syurga

Ayo Latihan
1.      Apa yang dimaksud dengan masjid ?
2.      Sebutkan adab ketika masuk masjid !
3.      Apa yang dimaksud tempat umum ?
4.      Berikan emapat contoh yang termasuk tempat umum !
5.      Sebutkan adab ditempat umum !


A.   Berilah tanda silang (x) huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar!
1.      Adab artinya.....
a.      Taat
b.     Kesopanan
c.      Tatacara
d.     Peraturan
2.      Kesopanan pada dasarnya tidak terlepas dengan.....
a.      Akhlak
b.     Akidah
c.      Aturan
d.     Kebiasaan
3.      Temapat ibadah orang islam di.....
a.      Candi
b.     Gereja
c.      Pura
d.     Masjid
4.      Contoh tempat umum, kecuali.....
a.      Rumah sakit
b.     Masjid
c.      Pasar
d.     Jalan raya
5.      Adab  yang baik dalam masjid yang benar, kecuali.....
a.      Dalam keadan suci dan berwudlu.
b.     Ketika berangkat ke masjid, usahakan berjalan kaki, dan jangan tergesa-gesa
c.      Masuk masjid hendaklah dengan mendahulukan kaki kanan  di karenakan bagian kanan itu untuk sesuatu yang mulia
d.     Bermain dan membuat gaduh
6.      Saat berada di sekolah sebaiknya.....
a.      Menggunakan pakaian yang rapi dan sesuai
b.     Membuka pintu kelas dengan keras
c.      Atuh tak acuh dengan guru dan teman ketika bertemu
d.     membuat gaduh di dalam kelas.
7.      Jalan adalah.....
a.      Tempat suci umat islam untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah
b.     Temapat untuk belajar
c.      Tempat untuk lalu lintas orang atau kendaraan
d.     Tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa
8.      Membaca doa ketika masuk pasar bertujuan agar.....
a.        Selamat saat berjalan di dalam pasar.
b.        Mendapat diskon banyak
c.         Mendapat harga murah
d.        Dagangan laris manis
9.      Rumah sakit adalah.....
a.      Tempat suci umat islam untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan yang tujuannya adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah
b.     Temapat untuk belajar
c.      Tempat untuk lalu lintas orang atau kendaraan
d.     Tempat dimana orang sakit mencari dan menerima pelayanan kesehatan
10. Hikmah dari menerapkan adab yang baik dalam kehidupan sehari-hari adalah....
a.      Dibenci oleh semua orang
b.     Banyak fitnah-fitnah masyarakat
c.      Sulit mendapatkan pahala
d.     Dimudahkan mengerjakan sesuatu hal

B.   Jawablah pertanyaan dibawah ini secara jelas dan benar
1.      Jelaskan pengertian dari adab!
2.      Apakah perbedaan antara tempat ibadah dan tempat umum? Jelaskan!
3.      Sebutkan contoh dari tempat ibadah dan tempat umum? Masing-masing 2 contoh!
4.      Sebutkan tiga adab yang baik ketika di masjid!
5.      Sebutkan tiga adab yang baik ketika di sekolah!
6.      Tulislah do’a ketika masuk masjid beserta artinya!
7.      Tulislah do’a keluar masjid beserta artinya!
8.      Mengapa kita tidak boleh ramai ketika berada di dalam masjid?
9.      Apa yang harus dilakukan ketika bertemu guru dan teman?
10. Apa keuntungan beradab yang baik di tempat umum?



 Daftar Pustaka
Al-Sya’roni, Abd Al-Wahhab. 2004. Akhlak Sufi. Bandung: PT. Mizan Pustaka
Baroja’, umar bin Ahmad. Kitab Akhlakulilbanin.
Hasan, M. Ali. 2003. Kumpulan Tulisan M. Ali Hasan. Jakarta: Prenada Media
Mahali, A. Mudjab. 1984. Ethika Kehidupan. Yogyakarta: BPFE
Tim Penyusun. Aqidah Akhlak. Surabaya: CV Mia Surabaya

Komentar

Posting Komentar